BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 07 Maret 2010

Misteri di Balik Warna Emas dan Tembaga


Emas, logam mulia yang temtu sudah tidak asing lagi di telinga. Logam yang satu ini sering digunakan sebagai standar keuangan di berbagai negara. Aurum, nama latin dari logam ini.Dalam bahasa Sansekerta, disebut Jval. Logam ini sudah diketahui bernilai tinggi sejak zaman purbakala.
Begitu istimewa logam ini, sehingga konotasi yang muncul ketika terdengar kata emas adalah harganya yang mahal. Namun, pernahkah Anda berfikir mengapa emas berwarna kuning?
Warna emas yang kuning sebenarnya berkaitan dengan konfigurasi elektronnya, yaitu : 

[Xe] 4f14 5d10 6s1

Elaktron-elektron emas, jika terkena cahaya akan tereksitasi dengan menyerap energi. kemudian beberapa saat akan kembali ke posisi semula karena tidak stabil. elekt5ron ini kembali ke posisi semula dengan memancarkan energi. Energi yang dipancarlan ini panjang gelombangnya sama dengan panjang gelombang pada warna kuning. Inilah sebabnya emas terlihat berwarna kuning.


Demikian pula pada tembaga atau cuprum. Logam ini mempunyai konfigurasi elektron sebagai berikut :
1s 2 2s 2 p 6 3s 2 p 6 d 10 4s 1

Sama seperti emas, elektron pada tembaga ini juga tereksitasi jika dikenai cahaya, kemudian karena keadaannya yang tidak stabil, akan kembali ke posisi semula dengan memancarkan energi yang panjang gelombangnya sama dengan panjang gelombang warna merah, sehinnga penampakan tembaga pun berwarna merah.




0 komentar: